RSS
Blog ini tercipta seiring jejak yang terekam. Jejak langkahku menelusuri indahnya dunia.

Danau Toba Dan Pulau Samosir


Jejak Jelajah - Jejak perjalanan kita untuk pertama kali adalah di pulau Sumatera, lebih tepatnya di Propinsi Sumatera Utara. Salah satu objek wisata yang bisa kita kunjungi di sana adalah objek wisata Danau Toba. Danau Toba adalah objek wisata yang paling terkenal dan menjadi andalan negeri kita. Objek wisata ini merupakan sebuah danau vulkanik yang memiliki ukuran panjang 100 kilometer serta lebar 30 kilometer. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, sehingga banyak wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini, baik mancanegara maupun domestik.

Sejarah Danau Toba Dan Pulau Samosir

Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.


Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkannya.

Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Danau Toba beserta pulau Samosirnya memiliki wisata alam, wisata sejarah, wisata spiritual, ataupun wisata arsitektural dan kuliner. Dengan hamparan air danau yang jernih dan pemandangan pegunungan yang hijau itu hanya sebagian kecil hal yang bisa menggambarkan akan keindahan alam danau Toba.


Tempat ini memang cocok sekali untuk target wisata kalian yang bertujuan mencari refreshing serta menghilangkan penat, karena selain pemandangan alamnya yang indah, kita juga bisa menikmati kulinernya yang khas tentunya.



Sumber: wikipedia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Penghuni 60 mengatakan...

wah, blognya keren, salam knl jg ya, aku follow

Peluang Usaha Online Oke mengatakan...

sepertinya asik jg ya liburan kesitu, hmm, tp kpn ya aku bisa kesitu...

Fitriyana [Gardens Tips] mengatakan...

haaai, salam kenal juga :)
danau toba emang danau yg unik, apalagi kalo dgr kisah legendanya itu, seruuu...

Jejak Jelajah mengatakan...

@Penghuni 60:
terima kasih... salam jg

@Peluang Usaha Online Oke:
nah skrg kan udh mau liburan lebaran tuh sob, gmn kalo liburan skrg aja..

@Fitriyana [Gardens Tips]:
salam jg :)
emang legendanya gimana?

Yippee Kay Yay mengatakan...

Follow you, follow me back

iwan01 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar